Labels

Inventory Amenities Hotel

   Dalam Buku Dasar – Dasar Housekeeping dan Loundy Hotel Menurut Bagyono (2003:165-166) Mengatakan bahwa:
   “Inventarisasi adalah pengawasan pemakaian dan persediaan barang yang dipergunakan pada tiap-tiap bagian (housekeeping department) baik itu di kamar, pantry (floor station), gudang housekeeping, linen room, maupun di laundry area inventory dihitung secara fisik dan selalu dibandingkan dengan inventory bulan yang telah lewat untuk menentukan banyaknya persediaan (parstock) hotel dan memudahkan pengontrolan barang-barang tersebut. Penghitngan dilakukan bersama-sama dalam satu waktu”.
   Inventory sendiri dapat dilakukan harian, mingguan, ataupun bulanan bahkan ada beberapa barang yang diinventory tahunan. Namun yang umum dan biasa dilakukan secara menyeluruh adalah inventory (inventarisasi) bulanan.

   Hasil inventory yang akurat dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk penyusunan budget housekeeping. Di samping itu dapat dijadikan landasan kalkulasi permintaan barang.
Macam-macam inventory di housekeeping antara lain:
1. Inventory guest supplies ( perlengkapan kamar tamu )
2. Inventory cleaning equipment ( alat kebersihan baik itu manual ataupun mesin )
3. Inventory chemical ( bahan pembersih/kimia baik itu di housekeeping dan laundry )
4. Inventory linen (lena: sheet, handuk, napkin, table cloth, curtain, table skirting)

No comments:

Post a Comment