Food
& Beverage Departement merupakan salah satu departemen yang ada di
hotel dan termasuk departemen yang sangat penting, sebab dapat menghasilkan
atau mendatangkan keuntungan. Tamu yang tinggal di hotel tidak saja memerlukan
kamar tetapi juga memerlukan makanan dan minuman yang akan dilayani oleh bagian
tata hidangan atau F&B service.
Menurut mertayasa (2012:2) yang dimaksud
dengan tata hidangan adalah bagian yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan
dan menyajikan makanan dan minuman kepada para tamu baik di hotel maupun di
luar hotel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa F&B
Departement adalah departemen yang bertanggung jawab mengelola makanan dan
minuman yang disertakan dengan pelayanan.
Tujuan Kegiatan Food & Beverage
Department
Berdasarkan ruang lingkup operasionalnya
maka dapat disimpulkan bahwa Food &
Beverage Department mempunyai peranan dan fungsi yang penting bagi hotel. Food & Beverage Department juga
merupakan sumber pendapatan, reputasi, dan kepuasan tamu. Adapun sumber
pendapatan yaitu:
1. Sumber
pendapatan pada hotel melalui penjualan produk Food & Beverage Departement.
Disebuah Hotel tentunya sangat memperhatikan keuntungan yang akan
diperoleh, sebuah hotel beroperasional dangan memperkirakan keuntungan.
Keuntungan tersebut bisa didapat dari departemen yang mendukung operasional
hotel, dengan menjual produk hotel dan jasa kepada tamu dengan sebaik mungkin
akan meningkatkan pendapatan hotel sehingga keuntungan yang diperoleh sebuah
hotel pun menjadi lebih besar. Dengan menjual makanan dan minuman, ruangan
meeting atau untuk acara tertentu serta fasilitas lainnya yang ada di hotel.
Dengan demikian sumber pendapatan dari tamu dan berdasarkan pendapatan yang di
peroleh, maka hotel dapat melangsungkan operasionalnya.
2. Meningkatkan
Reputasi Hotel
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun citra hotel yaitu bisa
dengan membangun gedung yang luas serta kelengkapan fasilitas yang mewah,
tetapi ada faktor yang dikategorikan sulit untuk membangun citra hotel yaitu
pelayanan yang baik dan maksimal, jika hal tersebut berhasil dilakukan maka
citra perusahaan akan mudah didapat melalui faktor tersebut, keuntungan yang
lebih besar pun akan lebih mudah di raih, yang menjadi permasalahan yaitu
kurangnya standart baku untuk pelayanannya. Baik buruknya pelayanan yang diberi
oleh sebuah hotel sangat berpengaruh terhadap kepuasan tamu atau harapan
pelanggan. Setiap pramusaji yang ada di Food
& Bevarage Departement diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik
dan berkesan bagi tamu yang ada di hotel.
3. Menambah
Kepuasaan Tamu Dari Segi Pelayanan
Memberikan pelayanan terbaik sudah menjadi tugas utama dari management Food & Bevarage Departement dikatakan
demikian karena petugas dari departemen ini berhubungan langsung dalam melayani
makan dan minum para tamu yang ada di hotel. Untuk itu petugas dari departemen
ini pun harus senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan
standart pelayanan yang baku agar dapat menimbulkan kepuasan tamu, tidak hanya
itu keberhasilan memberi pelayanan terbaik dan berkualitas kepada tamu dapat
mengangkat citra hotel, karena tamu merasa sangat di perhatikan dan diberi
pelayanan dengan baik.
No comments:
Post a Comment