Labels

Cara Penanganan Lost & Found yang benar

Tujuan dari penanganan lost & Found adalah :
Agar barang bawaan tamu yang tertinggal di kamar atau di area hotel dapat terawat dan terjaga dengan baik.
Prosedur dan tanggung jawab room attendant :
1)       Menemukan barang di kamar.
2)       Melaporkan penemuan barang kepada floor supervisor.
3)       Menginformasikan adanya penemuan barang kepada front office.
4)       Mengantar barang temuannya ke housekeeping office/order taker.
5)       Memeriksa, mencatat barang yang ditemukan pada form yang ada.
6)       Memberikan salinan laporan penemuan barang ke room attendant atau penemu.
7)       Membungkus barang temuan.
8)       Menempelkan form penemuan barang pada bungkusan.
9)       Menyimpan barang ke deposit box. ( Untuk Barang yang berharga contoh Hp dan jam tangan)
10) Membuat surat bukti serah terima barang
10)   kemudian mencatat di lost & found book ( Biasa jika hotel berbintang 4 ke atas mereka mencatatkan lost & found ke sistem juga )
11) Jika barang yang ditemukan adalah barang yang tidak berharga maka Order taker membungkus barang tersebut dan menyimpan nya di lemari (Contoh Baju celana dll).
Catatan
·   Jika ada penemuan di area umum oleh staf hotel atau departemen lain maka barang tersebut segera diberikan ke bagian housekeeping untuk dibuatkan /masukkan dalam daftar lost & found. (biasanya penyimpanan 1 tahun)
·  Jika barang yang ditemukan barang yang cepat rusak misalnya buah-buahan/makanan disimpan selama 24 jam.



                                                                     Lost And Found Book
No.
Date
Location
Article
Found by
Keep in
Disposed by & date
Remark


                               Lost And Found Will Be Given To Finder Period On “July 2006”
No.
Name
L & F No.
Location
Description
Date
Remarks
Prepared By:                                          Approved by:                                    Agreed by:
Clerk                                                       EHK/AEHK                                  GM/RM/EAM
                                                Lost And Found Has Been Taken By The Guest
L & F No.
Date
Location
Description
Faund by
Taken by guest
Guest name
Remarks
           Approved By:
           EHK/AEHK

LOST AND FOUND RECEIVE
      Lost & Found No. : ……………………………………………….................
      Date                       : …………………………………………….................…
      Location                : ………………………………………………..................
      Finder                    : ………………………………………………..................
     
      Items                    : ………………………………………………...................
                                     ………………………………………………...................
    
      Checked By :                                                                                         Received By:
..…………........…..                                                                              ....………………….
Catatan : dari spv dicatat di buku harian dan disimpan di gudang Lost and Found
 LOST AND FOUND FORM TAG

DATE …………………………………TIME ……………………………...........
LOCATION FOUND ………………….…………………………………...........
FOUND BY ………………………… TITLE …………………………..............
DESCRIPTION OF ARTICLE ……….. .………………………….……............
……………………………………………………………………………............
REMARKS:
……………………………………………………………….……………….......
………………………………………………………………………………........
Langkah-langkah dalam menerima laporan kehilangan barang milik tamu
·     Dengarkan apa yang dikatakan tamu.
·     Tanyakan pada tamu tentang keterangan/ gambaran rinci dari barang yang hilang.
·     Catat permintaan dan rincian tentang barang yang hilang.
·     Ambil tindakan segera.
·     Laporkan kehilangan pada penyelia/supervisor.
·     Cari barang yang hilang.
·     Periksa label (tag) yang tertera pada barang yang hilang untuk memastikan kepemilikan yang benar.
·     Kembalikan barang yang hilang kepada tamu.
·     Catat dan laporkan pengembalian barang.
Penanganan Barang Lost and Found Secara Umum
Prosedurnya adalah sebagai berikut :
·   Informasi tentang barang yang hilang atau tertinggal di hotel dicatat dalam order taker log book, jam order taker, nomor kamar, jenis permintaan, pemberi order, penerima order, keterangan
·     Petugas order taker akan memeriksa buku lost & found
·     Jika barang tidak diketemukan (tidak tercatat dalam buku lost & found), utarakan hal ini kepada tamu dan mohon maaf.
·     Untuk meyakinkan harus dilakukan pencarian ulang di area barang tersebut hilang atau tertinggal
·     Jika barang yang dinyatakan memang ada (ketentuan) order taker harus bertanya kepada tamu tantang ciri-ciri, lokasi dan tanggal Barang tersebut hilang atau tertinggal di area hotel
·    Sebelum menyerahkan barang yang ditemukan, order taker harus menanyakan dan meng copy kartu identitas dari orang yang mengambil barang tersebut.
·    Setelah barang diambil oleh pemiliknya, petugas order taker akan memberi catatan dalam buku lost & found bahwa barang sudah diambil oleh pemiliknya.

2 comments: