Labels

Prosedur Umum Pelayanan Di Restaurant (The General Procedure Of Service In Restaurant)

Prosedur Umum Pelayanan Di Restaurant (The General Procedure Of Service In Restaurant)

Menurut Wiwoho dalam bukunya Pengetahuan Tata Hidang (2008:35)

Prosedur umum pelayanan di restaurant adalah sebagai berikut:

a. Tamu Masuk

  • Disambut oleh hostess atau headwaiter dengan ucapan salam.
  • Tunjukan meja yang diinginkan atau jika mungkin tanyakan sudah pesan sebelumnya.
  • Membantu tamu duduk dengan menggeser kursi kebelakang/kesamping.

b. Tunjukan Menu

  • Tunjukan daftar makanan pilihan (a’la carte) dalam keadaan terbuka, utamakan wanita lebih dulu atau orang yang paling tua.
  • Tawarkan minumaan pembuka (aperitif).
  • Sajikan air minum dingin, roti, dan mentega (sementara tamu memilih makanan).

c. Mengambil Pesanan
  • Berdiri disebelah kiri atau kanan tamu, dan sapa,“Tuan/Nnyonya, apakah sudah siap untuk memesan makanan?”
  • Dengarkan dengan baik dan tulis pesanannya pada buku pesanan (order book).
  • Menguasai dengan baik semua jenis makanan yang terdapat pada daftar makanan dan berikan saran bila tamu merasa bingung pada pilihannya (suggestive selling).
d. Mengulang Pesanan
  • Untuk menghindari kesalahan, tawari atau tunjukkan daftar minuman anggur. Bila tidak mau, ambil daftar makanannya (Menu List).
  • Daftar pesanan dibuat dalam tiga rangkap: asli untuk ke dapur, rangkap kedua untuk kasir, dan rangkap ketiga untuk waiter bersangkutan.
e. Menyajikan Makanan
  • Waiter bersangkutan yang harus menyajikan makanannya.
  • Perhatikan apakah makanan yang disajikan sesuai dengan pesanan.
f. Mengangkat Piring Kotor
  • Diangkat oleh waiter yang bersangkutan dibantu busboy
g. Tawarkan dessert
  • Jika tidak memesan, tawarkan minuman teh atau kopi.
h. Tunjukkan bill
  • Alasi dengan baki kecil khusus untuk bill tagihan
i. Tamu Meninggalkan Restaurant
  • Ucapkan terima kasih atas kedatangannya dengan harapan semoga kembali lagi.

Menurut Budiningsih 

Dalam bukunya Restoran 3 (2009:94) tahapan prosedur pelayanan makanan dan minuman di coffee shop adalah sebagai berikut :
  1. Greeting the guest (menyambut tamu).
  2. Seating the guest (membantu tamu memilih meja atau tempat duduk yang disukainya).
  3. Pouring ice water (menuangkan air minum atau air es)
  4. Taking order (mencatat pesanan).
  5. Placing and picking up order (memberikan order pesanan tamu kebagian dapur dan membawanya ke meja tamu).
  6. Serving food and beverage (menyajikan pesanan tamu di meja)
  7. Payment (melayani pembayaran).

No comments:

Post a Comment