Menurut Wiwoho dalam bukunya Pengetahuan Tata Hidang (2008:35)
Prosedur umum pelayanan di restaurant adalah sebagai berikut:a. Tamu Masuk
- Disambut oleh hostess atau headwaiter dengan ucapan salam.
- Tunjukan meja yang diinginkan atau jika mungkin tanyakan sudah pesan sebelumnya.
- Membantu tamu duduk dengan menggeser kursi kebelakang/kesamping.
b. Tunjukan Menu
- Tunjukan daftar makanan pilihan (a’la carte) dalam keadaan terbuka, utamakan wanita lebih dulu atau orang yang paling tua.
- Tawarkan minumaan pembuka (aperitif).
- Sajikan air minum dingin, roti, dan mentega (sementara tamu memilih makanan).
c. Mengambil Pesanan
- Berdiri disebelah kiri atau kanan tamu, dan sapa,“Tuan/Nnyonya, apakah sudah siap untuk memesan makanan?”
- Dengarkan dengan baik dan tulis pesanannya pada buku pesanan (order book).
- Menguasai dengan baik semua jenis makanan yang terdapat pada daftar makanan dan berikan saran bila tamu merasa bingung pada pilihannya (suggestive selling).
d. Mengulang Pesanan
- Untuk menghindari kesalahan, tawari atau tunjukkan daftar minuman anggur. Bila tidak mau, ambil daftar makanannya (Menu List).
- Daftar pesanan dibuat dalam tiga rangkap: asli untuk ke dapur, rangkap kedua untuk kasir, dan rangkap ketiga untuk waiter bersangkutan.
e. Menyajikan Makanan
- Waiter bersangkutan yang harus menyajikan makanannya.
- Perhatikan apakah makanan yang disajikan sesuai dengan pesanan.
f. Mengangkat Piring Kotor
- Diangkat oleh waiter yang bersangkutan dibantu busboy
g. Tawarkan dessert
- Jika tidak memesan, tawarkan minuman teh atau kopi.
h. Tunjukkan bill
- Alasi dengan baki kecil khusus untuk bill tagihan
i. Tamu Meninggalkan Restaurant
- Ucapkan terima kasih atas kedatangannya dengan harapan semoga kembali lagi.
Menurut Budiningsih
Dalam bukunya Restoran 3 (2009:94) tahapan prosedur pelayanan makanan dan minuman di coffee shop adalah sebagai berikut :- Greeting the guest (menyambut tamu).
- Seating the guest (membantu tamu memilih meja atau tempat duduk yang disukainya).
- Pouring ice water (menuangkan air minum atau air es)
- Taking order (mencatat pesanan).
- Placing and picking up order (memberikan order pesanan tamu kebagian dapur dan membawanya ke meja tamu).
- Serving food and beverage (menyajikan pesanan tamu di meja)
- Payment (melayani pembayaran).
No comments:
Post a Comment