Labels

Cara Pelayanan di Restoran

cara penghidangan diruang makan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

1. Jenis dari ruang makan tersebut (the type of cattering establisment)
2. Para pelanggan yang dilayani (the type of costumer to be served)
3. Waktu yang diperlukan untuk menikmati hidangan (the time available foe the meal)

4. Jumlah tamu yang diharapkan (the furnover of costumer expected)
5. Jenis menu yang disuguhkan (the type of menu presented)
6. Harga hidangan yang disajikan (the priced of the meal served)
7. Letak dari ruang makan tersebut (the site of the establisment)

Secara umum jenis penghidangan ini dapat dibagi menjadi:

1. Plate Service/American Service
Adalah salah satu cara menghidangkan makanan di ruang makan/restaurant, di mana makanan tersebut sudah disiapkan di atas piring secara lengkap dan menarik (ready on plate) dari dapur oleh petugas dapur dan kemudian dihidangkan dari sebelah kanan tamu dengan menggunakan tangan kanan dan yang dilayani adalah wanita terlebih dahulu (lady first). Jenis pelayanan ini dapat dilakukan dengan cepat sebab makanan sudah disiapkan di atas piring.

2. Platter Service/Silver Service/Russian Service
Platter sevice merupakan salah satu service mewah yang digunakan di restaurant. Service ini digunakan pada restaurant formal/mewah/resmi. Platter service adalah salah satu teknik service makanan dimana makanan tersebut ditata secara baik dan menarik di atas sebuah pinggan (platter, vegetable dish, soup tureen) dari dapur dan akan dihidangkan dari sebelah kiri tamu dengan mempergunakan service set, berlawanan arah jarum jam (unclock wish). Kemampuan waiter/pramusaji disini haruslah baik. Di samping bahasa, juga harus mampu mempergunakan service set dalam memindahkan makanan.

3. French Service/Gueridon Service
French service merupakan teknik pelayanan yang sangat mewah dan mahal yang digunakan di dinning room restaurant. Kemampuan pramusaji harus sangat baik. Tidak saja di tuntut untuk bisa
menghidangkan makanan, tetapi harus mampu megolah atau meracik makanan di depan tamu. French service adalah suatu teknik pelayanan makanan di restaurant, di mana makanan tersebut akan dipersiapkan, dimasak, diracik, dan di porsi diatas sebuah troli di depan tamu secara langsung.

4. Prasmanan (buffet service)
Cara hidangan ini makin popular dalam ruang makan. Dalam acara ini para tamu diperkenankan menagmbil dan memilih makanan sendiri yang telah diatur di atas meja buffet.

5. Cara penghidangan inggris (english service)
Makanan pokok (main dish) dapat disajikan langsung diatas meja dan para tamu akan melayani diri sendiri. Bentuk yang lain dari pelayanan ini adalah makanan pokok (main dish) diletakkan langsung di atas pemanas (hot plate) di dekat tuan rumah (host) dengan perlengkapannya, misalnya piring, kemudian si tuan rumah meletakkan/meracik di atas piring dan menyuguhkan pada tamu dan untuk makanan peneman para tamu akan mengambil secara berganti.

No comments:

Post a Comment