Labels

Pengertian Restoran


    Restoran adalah salah satu bagian dari food and beverage departemen yang ada di hotel pada umumnya. Restoran juga sangat berpengaruh dalam menghasilkan keuntungan bagi setiap hotel. Restoran juga tidak hanya menjual makanan dan minuman saja,
restoran sendiri dikenal sebagai salah satu pemberi pelayanan bagi setiap pelanggan/tamu yang datang. Keberhasilan restoran dapat diukur dari tingkat kebaikan pelayanan yang diberikan pramusaji/atau pekerja restoran itu sendiri kepada tamu yang datang.

    Kata restaurant berasal dari bahasa Prancis, asal katanya dari restaurer yang artinya memulihkan kembali, yang dimaksud adalah memulihkan kembali keadaan sesorang dari suatu kondisi yang kurang baik menajdi kondisi yang baik dan kembali pada posisi sebelumnya.

    Menurut Budiningsih (2009:85) restaurant adalah suatu tempat atau bangunan dimana para tamu dapat membeli dan menikmati makanan dan minuman, yang diorganisir secara komersial dan
menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya

    Menurut Mertayasa dalam bukunya (2012:2) restaurant adalah suatu ruangan atau tempat dimana tamu dapat membeli dan menikmati makanan dan minuman atau merupakan suatu seksi untuk menyiapkan makan dan minum bagi tamu yang memerlukannya.

    Pelayanan sangatlah penting, yang mana dengan semakin baiknya pelayanan yang diberikan kepada tamu maka semakin besar kemungkinan restoran tersebut akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar, atau mungkin akan semakin membuat banyak tamu untuk datang ke restoran tersebut. Standart General Service Rules merupakan panduan yang biasa digunakan untuk operasional pelayanan di sebuah restoran. Agar dapat menciptakan pelayanan yang baik, pramusaji harus menerapkan Standart General Service Rules yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen.

   Agar pramusaji dapat menerapkan Standart General Service Rules yang ada di sebuah restoran maka pramusaji sebaiknya menguasai standart general service yang ada agar penerapan standart pelayanannya dapat dilakukan dengan baik dan menghasilkan pelayanan yang baik .

No comments:

Post a Comment