Labels

Hubungan Kerja Pastry Dengan Departemen lain

Dalam suatu hotel pastry termasuk bagian dari food and beverage department di bawah departemen food product atau kitchen. Maka dalam operasionalnya tidak akan terlepas dari hubungan kerjasama dengan department lain yang ada di hotel.

Hubungan kerja ini dilakukan agar dapat memperlancar aktifitas yang ada di hotel.
Adapun hubungan kerja pasrty dengan department lain menurut Adjab Subagjo, dalam bukunya Management Pengolahn Kue & Roti (2007 :87).

1. Purchasing
Bertanggung jawab terhadap semua barang dan bahan kebutuhan pastry section. Dalam melaksanakan pembelian harus benar-benar memperhatikan kualitas, kuantitas dan harga barang yang dibeli.

2. Enegineering Department
Bertanggung jawab memelihara dan memperbaiki peralatan, termasuk peralatan di pastry section yang mempunyai perlatan yang besar, yang perbaikannya menggunakan alat khusus. Engineering department secara rutin mengecek peralatan di pastry section untuk menjaga agar peralatan yang ada dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

3. Laundry Section
Bertanggung jawab mengenai pencucian linen, napkin dan uniform yang dikenakan karyawan pastry section. Secara rutin uniform yang kotor harus segera diganti untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan pastry section.

4. Steward section
Bertanggung jawab terhadap penyediaan kebersihan alat dan kelengkapan alat serta keamanan alat-alat yang digunakan oleh pastry section.

5. Marketing department
Peranan marketing department juga penting bagi pastry section. Dengan adanya marketing department produk-produk pastry yang ada di hotel dapat di promosikan termasuk produk yang dihasilakan pastry section.

6. Accounting department
Bagi pastry section peranan accounting department juga penting untuk pembelian barang dan bahan yang dibutuhkan di pasrty section.

7. Room Service dan Restaurant Section
Room service dan restoran section adalah bagian yang sangat penting untuk untuk penjualan produk yang dihasilkan oleh pasrty section. Selanjutnya restoran atau cafe juga menyajikan product pastry section seperti untuk breakfast biasanya tersaji bermacam-macam bread, cake,
dan pudding

No comments:

Post a Comment