Labels

Pengertian Pastry Menurut Ahli

 Pastry merupakan salah satu bagian dari sebuah departmen Kitchen Di Hotel Maupun Restoran Pastry berperan penting dalam pembuatan makanan seperti snack maupun kue berikut adalah pengertian Pastry menurut sebagian para ahli :


Menurut Adjab Subagjo, (2007 :87)

Dalam bukunya Management Pengolahan Kue & Roti. “Pastry adalah bagian dari food product atau kitchen yang ada di dalam lingkup food and beverage department yang mempunyai tugas dalam pembuatan dessert atau makanan penutup, snack atau makanan pengirim minuman, seperti kue dan roti.

Menurut Bartono (2005 :164)

Dalam bukunya Food Product Management di Hotel dan Restoran mengatakan bahwa “pastry adalah merupakan bagian dari dapur yang memproduksi khususnya berbagai jenis roti, cake, dan dessert.

Dari kesimpulan di atas penulis menyimpulan bahwa pengertian pastry adalah bagian dari dapur yang bertugas khusus untuk membuat roti, cake, dan dessert. Pastry atau “Patisserie” di hotel memiliki dua bagian pokok, yaitu bagian panas yang memproduksi cake dan bagian dingin yang memproduksi dessert.

Produk pastry juga dibedakan menurut keperluannya, antara lain :

1. Untuk keperluan breakfast berupa aneka roti.
2. Untuk keperluan lunch berupa aneka dessert.
3. Untuk keperluan dinner berupa aneka dessert.
4. Untuk keperluan Hot kitchen dan Cold kitchen.

Jika sebuah hotel diminta untuk memasok produk pastry maka kualitas akan menjadi yang di fokuskan. Dalam hal ini ukurannya adalah keberhasilan pastry, setelah melalui food test oleh pihak calon pelanggan. Menurut Bartono (2005:168) dalam bukunya Food Product Management Di Hotel Dan Restoran “Food test terhadap produk pastry antara lain menyangkut” : 

1). Rasa makanan harus enak dan bervariasi, 
2) Tingkat kebersihannya, 
3) Besar porsi, 
4) Kemasan,
5) Kemampuan memproduksi dalam hitungan banyak, 
6) Ketahanan makanan,
7) Harga, 
8) Jaminan ketepatan waktu hantar.

No comments:

Post a Comment