Labels

Apa itu Prasmanan (Buffet service) dan English Service

   Prasmanan adalah cara menghidangkan dengan cara para tamu dapat diperkenankan mengambil dan memilih makanan sendiri yang telah di atur di atas meja buffet

   Tetapi pada buffet yang baik makanan penarik selera dan juga sop akan di sajikan di meja makan sebelum para tamu datang ke meja buffet. Minuman, roti dan mentega kadang-kadang makanan penutup juga di sajikan oleh para petugas restoran. jadi peralatan yang disiapkan untuk menikmati makanan tersebut tidak ubahnya peralatan yang di pasang pada restoran biasa.
 
   Jika pelayanan tidak di laksanakan , maka buffet harus di atur dan di lengkapi dengan makanan penarik selera (appetizer), peralatan makanan ( table silver ), roti dan mentega , makanan pokok, makanan peneman lain nya, makanan penutup dan minuman.

   Seorang petugas harus selalu mengadakan koordinasi antara petugas buffet dan petugas dapur. seorang petugas dapur harus selalu siap di belakang meja buffet dengan pakaian lengkap dan bersih yang bertugas :
  1. Berfungsi sebagai tuan rumah yang menyajikan, menerangkan, dan membantu untuk mengambilnya
  2. Memotong daging serta menyajikannya
  3. Menambah serta melengkapi makanan yang terpajang dalam buffet
  4. memeriksa peralatan agar berfungsi untuk menjaga makanan tetap panas ataupun dingin
  5. membersihkan makanan yang jatuh ke lantai supaya tamu tidak memijak nya atau terjatuh karena licin. 


  ENGLISH SERVICE  

 Jika kita bicara tentang english service maka kita akan teringan pada keluarga ratu victoria yang menikmati hidangan dalam suatu ruangan makan dengan Head atau master of the house memotong serta meracik di atas piring, daging yang di sajikan. serta menyuguhkan makanan. makanan peneman lain nya seperti kentang, sayur-sayuran, bumbu-bumbuan dan makanan peneman lain nya di atas meja dan para tamu akan mengambil dan melayani diri sendiri

No comments:

Post a Comment